.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Membangun Karakter Bangsa dengan Pendidikan Bermutu

Minggu, 29 Juli 2012

CARA PENETAPAN KKM

PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Ø  KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
Ø  KKM ditetapkan oleh forum KKG/Guru sekolah
Ø  KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
Ø  Kriteria  ditetapkan untuk masing-masing indikator idealnya berkisar 75 %
Ø  Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah kriteria ideal
Ø  Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas indikator dan kemampuan sumber daya pendukung.
Ø  KKM dapat dicantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipilh sekolah.


KRITERIA PENETAPAN KKM

     Kompleksitas indikator (Kesulitan & Kerumitan)
     Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
     Intake siswa (masukan kemampuan siswa)

MENAFSIRKAN KKM
A.       Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :

1. Kompleksitas        :   - Tinggi = 1
                                   - Sedang = 2
                                   - Rendah = 3
2. Daya dukung       :   - Tinggi = 3
                                   - Sedang = 2
                                   - Rendah = 1
3. Intake                  :   - Tinggi = 3
                                   - Sedang = 2
                                   - Rendah = 1

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang ® KKM menjadi :
(3 + 3 + 2) x 100 = 88.89 %   =   9


B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
          1.   Kompleksitas      :     - Tinggi = 50-64
                                               - Sedang = 65-80
                                               - Rendah = 81-100
         
          2.   Daya dukung      :     - Tinggi = 81-100
                                               - Sedang = 65-80
                                               - Rendah = 50-64
         
          3.   Intake                :     - Tinggi = 81-100
                                               - Sedang = 65-80
                                               - Rendah = 50-64

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake sedang ® KKM adalah rata-rata setiap unsur  dari kriteria yang kita tentukan.

Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP
C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :

           1.    Kompleksitas              :   - Tinggi
                                                          - Sedang
                                                          - Rendah 
          
           2.    Daya dukung              :    - Tinggi
                                                         - Sedang
                                                         - Rendah
          
           3.    Intake                        :    - Tinggi
                                                        - Sedang
                                                         - Rendah
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai  ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat menetapkan kriteria ketuntasan antara 90 – 80


TINGKAT KOMPLEKSITAS
(Kesulitan & Kerumitan) setiap Indikator Pencapaian/Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh siswa.

Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dlm pelaksanaannya  menuntut :
      SDM 
ü   memahami Kompetensi yang hrs dicapai Siswa
ü   kreatif dan inovatif dlm melaksanakan pembelajaran.

     WAKTU
ü  cukup lama karena perlu pengulangan

     PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.

                                 
KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG:
yaitu tenaga, sarana dan prasarana pendidikan, Biaya, manajemen, Komite Sekolah, dan stakeholders sekolah.


INTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA) SISWA :
Intake merupakan :
*     hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB),
*     Rapor kelas terakhir dari tahun sebelumnya,
*     test seleksi masuk atau psikotes 
*     Nilai Ujian Nasional bagi jenjang SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK


Tujuan Analisis :
mengetahui tingkat ketercapaian KKM yang telah ditetapkan.

Manfaat Analisis :
Sebagai dasar untuk menetapkan KKM pada tahun berikutnya.

Jika Anda membutuhkan filenya Download di tag menu download di bawah header. Pedoman Penetapan KKM dan Format Penetapan KKM (excel) berupa apilkasi sederhana tetapi praktis untuk  Kelas 1 - 6 (semua Mata Pelajaran), Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam, juga Mata Pelajaran Pendidikan jasmani dan Olahraga. Anda tinggal memasukkan nilai pada kolom Kompleksitas, Daya dukung, dan Intake, maka akan ketemu KKM-nya. Tuliskan Nama / NIP Kepala Sekolah dan Nama/NIP Guru pada sheet PKn maka akan ngelink pada sheet-sheet berikutnya. Semoga bermanfaat.

Koordinat SDN Belun